Awas Radiasi Handphone !!!

Siapa yang nggak kenal Handphone ?? ?? bisa dikatakan ndesso :p

Handphone, benda ini sungguh tak asing lagi di telinga kita. Bahkan, hampir semua orang di dunia ini memiliki benda tersebut. HP begitu public menyebutnya. Yang memiliki banyak fasilitas dan aplikasi. Mulai dari menelephone, ber-SMS ria, berfoto-foto, mendengarkan lagu, hingga ber-social network.  HP sangat dekat dengan kehidupan manusia. HP sudah seperti bahan pokok yang hukumnya fardhu ain dimiliki setiap orang. Karena dengan benda itu, kita bisa terhubung ke orang-orang yang jauh. Mulai dari lokal, interlokal, hingga internasional.

Namun, HP yang kini kita gunakan ternyata memiliki dampak negatif yang setara dengan merokok. Yah, kenapa begitu ??

Radiasi pada handphone ternyata bisa merusak organ-organ tubuh kita. Misalnya : saat kita mengantonginya di celana dengan frekuensi waktu yang relatif lama, hal ini dapat merusak ginjal bahkan merusak sistem reproduksi kita. Pemakaiaan HP juga dapat berpengaruh pada otak kita. Orang-orang yang memiliki kebiasaan menelephone, beresiko terkena kanker otak. Karena saat kita menelephone, jarak HP sangat dekat dengan otak kita. Sehingga, tidak dapat dipungkiri bahwa radiasi dapat merusak otak dan menyebabkan kanker otak. Sebaiknya, kita menggunakan headshet saat menelephone. Salah satu langkah untuk menjauhakan HP dari organ penting dalam tubuh kita. Maka dari itu, WHO menyarankan untuk memakai layanan SMS untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Dampak HP bukan hanya dirasakn oleh orang dewasa saja, melainkan juga anak-anak hingga janin dalam rahim seorang ibu. Ibu hamil yang terlalu sering menggunakan HP saat masa-masa kehamilannya, dapat beresiko terhadap kandungannya. Dalam sebuah artikel, di katakan : Pernah terjadi seorang wanita berturut-turut mengalami keguguran ketika usia janin berusia 2-3 bulan. Pasangan suami istri ini mengecek kehamilan berikutnya dan mendapati bahwa janin mengalami kerusakan sel berkesinambungan sampai janin mati. Dokter mengatakan bahwa rahim wanita ini telah terinfeksi oleh radiasi HP sehingga membuat janin di dalamnya tidak bisa bertahan lama untuk hidup dan berkembang. Rahimnya telah mati jadi tidak mungkin bagi dia untuk memiliki janin yang hidup pula.. Selidik punya selidik, wanita ini ternyata memiliki kebiasaan menyimpan HP di jaket kerja dia yang posisinya tepat dekat rahim selama beberapa tahun.

Walaupun janin itu dapat terlahir, nantinya ia akan terlahir menjadi seorang anak yang hiperaktif. Hal ini akan lebih beresiko saat anak menggunakan HP sebelum ia berusia 7 tahun. Radiasi HP lebih beresiko pada otak anak-anak ketimbang otak dewasa. Karena otak anak masih lemah. Sehingga lebih mudah terkena radiasi HP.

Itulah alibi mengapa efek radiasi HP setara dengan efek merokok. Kalau radiasi HP merusak hampir keseluruhan organ tubuh kita, kalau merokok dapat merusak paru-paru hingga menyebabkan kematian. Perusahaan Smartphone seperti iPhone dan Blackberry, mereka terbilang proaktif menanggapi peringatan ini. Mereka menggumumkan bahwa penggunaan iPhone sebaiknya berjarak 1,5 cm dari kepala, sedangkan untuk Blackberry berjarak 2,5 cm.

Buat kalian, silahkan simak beberapa tips untuk mengantisipasi efek radiasi HP :

  • Batasi penggunaan HP atau telephone tanpa kabel lainnya
  • Gunakan headshet atau headphone saat bertelephone, hal ini dapat menjauhkan radiasi HP pada tubuh anda
  • Jangan terlalu sering menggunakan Bluethoot, dan matikan jika tidak digunakan. Radiasi dari Bluethoot juga berpengaruh
  • Jangan menyimpan HP di saku celana, karena berpotensi merusak organ reproduksi anda
  • Batasi penggunaan HP di dalam gedung, karena dalam gedung lebih memancarkan sinar radiasi daripada di luar gedung
  • Jangan terbiasa bertelephone dengan berjalan, karena saat berjalan sinyal HP akan berusaha mencari pancaran sinyal. Saat sinyal lemah, maka ia mengeluarkan radiasi yang lebih besar
  • Biasakan bertelephon menggunakan 2 telinga
  • Jangan terlalu sering menyimpan HP di dekat rahim pada ibu-ibu hamil. Hal tersebut dapat mengganggu aktifitas janin dalam rahim.

Itulah beberapa tips yang dapat saya bagi dengan anda. Jangan di abaikan !! Lebih baik kita mengantisipasi daripada mengobati demi masa depan kita. So, guys !! bagi dengan teman-teman, keluarga serta orang-orang yang kalian sayangi. Jangan biarkan HP merusak masa depan mereka🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s